Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

Dalam dunia persepakbolaan, pemain yang berpindah-pindah antar klub adalah hal yang lumrah. Setiap tim sepakbola akan selalu mencari-cari serta, merombak susunan pemain sesuai taktik dan kebutuhan tim.

Hal tersebut terjadi hampir setiap musimnya, ditambah tim raksasa berdana berdana besar selalu menggelontorkan dana transfer yang menjadikan pemain tersebut bernilai tinggi. Kita ambil contoh seperti, transfer besar Cristiano Ronaldo dari Manchester United ke Real Madrid kemudian contoh lainnya pembelian Neymar Jr dari Barcelona ke PSG.

Selain pembelian bernilai tinggi, pertukaran pemain antar klub juga menjadi fenomenal yang sering terjadi di dunia sepakbola. Klub menilai pemain bagus jika tidak pada posisi yang tepat, hanya akan membuang-buang uang namun tidak menaikkan performa tim secara signifikan.

Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

  1. Pertukaran Zlatan Ibrahimovic dan Samuel Eto’o

Pada Musim 2009 Barcelona sangat menginginkan mendatangkan striker baru, karena dinilai produktivitas gol dari Samuel Eto’o sudah berkurang. Dalam bursa transfer pertukaran ini, Barca bahkan rela membayar kompensasi tambahan sebesar Rp 600 miliar kepada Inter-Milan dan memberikan Eto’o.

Namun ekspektasi tinggi Barca tidak terbayar dengan baik oleh Zlatan Ibrahimovic, sampai pada tahun 2011 Ibrahimovic angkat kaki dan kembali ke liga Italia Serie A.

Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

 

  1. Pertukaran William Gallas dan Ashley Cole

Pemain bernama Ashley Cole sebenarnya adalah, salah satu pemain binaan dari akademi Arsenal sendiri kala itu permainan cukup luar biasa. Namun sayangnya, pada tahun 2006 Arsenal tergiur tawaran Chelsea yang menginginkan membeli wing bek kiri ini.

Arsenal tergoda tawaran Chelsea karena transfer tersebut, Chelsea sekaligus memberikan William Gallas pada kesepakatan transfer pada saat pembelian wing bek tersebut. Namun Arsenal harus gigit jari karena menjual pemain berkulit hitam ini, Ashley Cole bermain makin baik di Chelsea serta mengantarkan klub menyabet gelar Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah klub berdiri.

Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

 

  1. Pertukaran Antonio Nunez dan Michael Owen

Pertukaran ini terjadi pada tahun 2004, dunia persepakbolaan dihebohkan dengan pindahnya Michael Owen ke klub Spanyol Real Madrid. Karena pada saat itu Michael Owen sedang tajam-tajamnya memperkuat Liverpool.

Real Madrid sangat “bernafsu” mendatangkan Michael Owen untuk memenuhi skuad tim impian, bahkan Real Madrid menukarkan Antonio Nunez yang kala itu permainannya cukup baik. Serta tambahan uang senilai Rp.54 Miliar, membuat Liverpool tergiur dan merasa untung besar pada bursa transfer pemain pada tahun 2004.

Kenyataan yang diterima oleh Real Madrid, permainan Michael Owen tidak bisa menyatu dengan irama permainan Madrid. Hal sebaliknya terjadi pada Antonio Nunez, dirinya malah berhasil mengantarkan Liverpool juara Liga Champions pada tahun 2005.

Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

 

  1. Pertukaran Jose Antonio Reyes dan Julio Baptista

Pada bursa transfer tahun 2006 tersebut, fans sepakbola sangat dibuat bingung oleh keputusan klub Arsenal. Klub tersebut justru rela tukar pinjam ujung tombak mereka yang sedang tajam Jose Antonio Reyes, dengan pemain Real Madrid Julio Baptista.

Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

  1. Pertukaran Roberto Carlos dan Ivan Zamorano

Pada tahun 1996 silam giliran Real Madrid mengambil keputusan yang tepat, karena menerima tawaran menggiurkan dari klub Internazionale Milano. Inter ingin mendatangkan Ivan Zamorano dari Madrid, bandrol senilai Rp 18 miliar pun dilayangkan serta memberikan bek kiri yang kuat dan cepat Roberto Carlos.

Rupanya keputusan Madrid ini menimba hasil yang besar, Roberto Carlos berhasil menyokong pertahanan serta membawa Madrid menjuarai Liga Champions sebanyak tiga kali.

Pertukaran Pemain Sepakbola Kelas Dunia Yang Fenomenal

  1. Pertukaran Clarence Seedorf dan Francesco Coco

Bursa transfer pada 2002 tim satu kota, AC Milan dan Inter Milan kembali memutuskan saling bertukar antar pemain klub yaitu Clarence Seedorf dan Francesco Coco. Hal ini cukup mencengangkan publik pada saat itu, mengingat rivalitas sengit kedua tim.

Dari pertukaran keduanya itu, bisa dikatakan Clarence Seedorf lebih sukses menyatu dengan tim ketimbang dengan Francesco Coco. Sebab pada saat Clarence Seedorf bersama AC Milan, performa Milan sangat baik bahkan menjadi klub sepakbola paling ditakuti di dunia.