Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Dalam strategi sepakbola, pengguna jersey bernomor punggung 9 bisa dikenakan seorang striker inti atau penyerang utama. Begitu pula dengan kiper utama biasanya akan mengenakan kaos bernomor 1, karena menjadi lapis terakhir dari pertahanan.

Di setiap generasi selalu ada pemain-pemain muda berbakat di posisi ini. Posisi penyerang menjadi favorit setiap pemain sepakbola, namun sebaliknya tuntutan besar untuk mencetak gol di setiap laga juga menjadi beban tersendiri. 

Pemain-pemain legendaris seperti Pele, Marco van Basten, Alan Shearer adalah sedikit contoh bomber-bomber gol yang memainkan posisi striker bernomor 9 (walaupun sebenarnya nomor punggungnya bukanlah acuan utama untuk posisi dalam sepakbola).

Perubahan taktik dan strategi sepakbola dari generasi ke generasi, membuat posisi penyerang harus pandai beradaptasi. Strategi kekinian rata-rata setiap posisi menerapkan strategi 2 hingga 3 stiker, dan dituntut memainkan sistem rotasi posisi mengisi kekosongan yang diperlukan.

Taktik mereka sekarang tidak lagi jadi pemain pasif yang cuma menerima umpan saja untuk penetrasi gol, tapi juga dituntut kreatif bisa bermain rotasi area kosong yang ditinggalkan rekannya di lini depan. 

Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Luis Suarez

Luis Suarez kini berusia 34 tahun sudah memasuki masa senja bagi atlet sepakbola, tetapi dirinya terhitung masih hebat sebagai seorang penyerang. Pemain yang berasal dari Uruguay ini masih jadi andalan tim menjadi mesin gol untuk klubnya Barcelona, bersama duet mautnya Leo Messi. 

Pergerakannya masih bagus, Suarez masih masuk kategori penyerang tajam bagi Barca.

Pemain nomor punggung 9 yang suka terlibat pertarungan 1 lawan 1 dalam permainan, Ia juga jago mengirim umpan ke rekan-rekannya. 

Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Roberto Firmino

Roberto Firmino merubah kebiasaan pemain nomor 9, beda dengan kebanyakan stiker yang ada. Dirinya bukan pemain yang diwajibkan mencetak gol oleh sang pelatih Jurgen Klopp, diklub Liverpool.

Peran mencetak angka lebih ditujukan ke 2 rekannya di posisi melebar lainnya, yaitu Sadio Mane dan juga Mohamed Salah. Strategi dan peran Roberto Firmino dalam taktik Jurgen Klopp, menugaskan dirinya sebagai penyuplai umpan bola bagi 2 rekannya. 

Pergerakan yang sangat cepat, ia seringkali menggunakan taktik kamuflase berada di belakang dua rekan penyerang lainnya. Firmino diperbolehkan bergerak liar sesukanya mengacak-acak bek-bek lawan dengan kemampuannya individualnya.

Saat memungkinkan 2 rekannya akan masuk dan mendapat suplai bola, kemudian melakukan penetrasi gol dengan mudah. Suatu taktik yang cukup pintar dari sang pelatih, namun keberadaan dan kemampuan Firmino juga dibutuhkan untuk peran ini.

Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku mungkin menjadi rekrutan terbaik klub Inter-Milan. Mantan pemain liga inggris klub Manchester United itu, menggunakan teknik dan fisiknya yang luar biasa untuk mencetak angka demi angka.

Saat berada di Manchester United bisa dibilang, pemain ini tidak bisa menemukan formulasi terbaik untuk posisinya. Ia juga dinilai tidak cocok dengan gaya bermain yang diinginkan manager saat ini Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United.

Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Jamie Vardy

Jamie Vardy bisa dikatakan seorang pemain fenomenal langka, di ajang Premier League Inggris. Dirinya sukses mengantarkan klub Leicester, menjadi Juara kompetisi sekaligus menyabet gelar top skorer. 

Jamie Vardy tampil ciamik untuk “The Foxes” sepanjang laga musim di Premier League, Leicester sempat berada di persaingan juara Liga Inggris. Vardy juga memenangkan sepatu emas Premier League dengan menorehkan 23 gol dari 35 laga, dan juga mengantongi 5 gol assist. 

Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Karim Benzema

Karim Benzema juga berada di usianya yang memasuki 32 tahun seperti Suarez, namun ia tetap bisa eksis sebagai striker utama El Real Madrid. Dirinya masih tetap tajam dan selalu bisa diharapkan, untuk memegang peranan strategi menyerang yang diinginkan oleh pelatih dan timnya.

Benzema juga pemain yang bernomor punggung 9 juga, yang dapat menjaga performa baik di  3 posisi mana saja di ujung tombak depan. Benzema juga bisa menjadi pengumpan yang baik bagi rekan striker lainya, koleksi 10 assistnya di setiap musim kompetisi jadi ajang pembuktiannya. 

Striker Murni Bernomor Punggung 9 yang Tajam

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski seorang yang tidak mudah dihentikan oleh bek-bek lawan, koleksi golnya yang fantastis di setiap musim menjadi bukti ketajamannya.

Penyerang yang berasal dari Polandia itu, sudah tidak diragukan lagi striker terbaik di dunia sepakbola profesional. Hingga saat ini dia masih bisa menjaga performa permainan yang bagus meski sudah memasuki usia 31 tahun.

Robert Lewandowski adalah striker impian klub mana pun itu, tercatat dirinya hampir tidak pernah gagal memanfaatkan peluang emas di depan gawang. Memiliki kaki dan skill yang bagus dalam menguasai bola, kedua kakinya juga dapat melepaskan tembakan keras ditambah piawai dalam pertarungan bola di udara.